CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 23-01-2021 20:16:11

Drum Fotocopy merupakan elemen yang sangat penting dan sangat vital bagi mesin fotocopy. Drum ini berfungsi untuk mencetak objek, gambar atau teks sebagai hasil proyeksi dari elemen lainnya yang berfungsi sebagai perekam objek atau gambar secara mekanik. 

Drum fotocopy jika dilihat dari bentuk dan ukurannya terdiri dari dua jenis drum, drum yang kecil dan drum yang besar. Drum yang kecil berdiameter kurang lebih 3 – 5 cm biasanya digunakan untuk fotocopy mini dan sedang. Sedangkan drum yang berukuran besar dengan diameter kira-kira 7- 10 cm, biasanya digunakan untuk fotocopy yang besar. Soal harga, drum yang besar adalah elemen yang paling mahal diantara komponen lainnya dari mesin fotocopy.

Satu unit drum harganya dikisaran 7 – 9 juta tergantung gradenya. Maka service drum ini secara khusus harus penuh kehati-hatian dan spesial, mengingat harganya itu yang luar biasa. Namun harga itu sepadan bila dibandingkan dengan ketahanan dan kapasitas pencetakan yang berkapasitas besar hingga jutaan lembar per satu unit drum. 

Selama drum fotocopy ini tidak mengalami kerusakan, biasanya umur drum itu panjang dan bertahan sampai beberapa tahun pemakaian. Kerusakan-kerusakan drum yang sering terjadi biasanya karena faktor eksternal, seperti kemasukan benda tajam dan benda-benda lain misalnya atom/stepler yang tidak sengaja terbawa masuk bersamaan dengan kertas, atau faktro-faktor lainnya. 

Drum ini terletak pada bagian yang terlindungi yang disekitarnya ada beberapa elemen penunjang untuk membantu proses bekerjanya drum ini ketika mencetak gambar, teks atau objek lainnya. Agar terhindar dari kerusakan, sebaiknya anda sering mengecek kondisi wire pada korona yang posisinya pas berada di atas drum. Tips untuk merawat wire ini ada pada artikel cara merawat wire korona bagian atas. Kadang-kadang kerusakan drum bisa terjadi karena wire korona putus dan mengenai drum dan akibatnya sangat fatal sekali.

Untuk menjaga agar drum fotocopy tetap prima dan terawat, perlu perawatan secara berkala dan rutin. Jangan menunggu drum bermasalah baru bertindak. Sebab bila sudah timbul masalah biasanya kerusakan bukan hanya pada drum tapi merembet pada elemen lainnya. Tentu hal ini tidak ingin terjadi kepada kita.

Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk tindakan service fotocopy agar drum fotocopy kita terawat dengan baik.

Service Drum Fotocopy

  1. Untuk membersihkan dan merawat drum fotocopy ini kita harus membuka unit drum. Pada unit drum ini terdapat baut dan kita buka seluruh bautnya.
  2. Tarik unit drum keluar bersamaan dengan menarik unit pemanas agar tidak terjadi gesekan antara regist dan drum.
  3. Unit drum terlihat dan bisa langsung diangkat. Angkat dengan hati-hati mengingat letak drum terletak di bawah unit drum.
  4. Simpan unit drum diatas alas yang aman dan jauh dari benda-benda yang dapat menggores drum. Karton bekas dus kertas bisa jadi alternatif. Kemudian buka elemen lain yang melindungi drum. 
  5. Yang pertama dilepas sebaiknya unit Cleaning Blade. Secara panjang lebar cara membuka dan membersihkan Cleaning Blade dibahas tersendiri pada artikel Cara Membersihkan Cleaning Blade. 
  6. Setelah unit cleaning blade dilepas berikutnya elemen lainnya yang meruakan sensor dan bagian penampung sisa toner satu persatu dilepas sampai yang tersisa hanya drum saja.
  7. Untuk membuka drum pada bagian kiri unit drum terdapat klamp pengunci yang dibaut sebanyak tiga buah. Lepas baut-baut tersebut sampai bearing drum terlihat. 
  8. Angkat drum perlahan dengan hati-hati dengan kedua tangan kita. Tangan masing-masing memegang ujung bearing drum sebelah kiri dan kanan sampai drum terangkat dan simpan di alas yang halus, sebaiknya alas tersebut berupa kain spons halus yang dihamparkan menjaga drum tergores atau terkena benda-benda keras lainnya yang berada di lantai.
  9. Usap halus permukaan drum dengan kain spons yang halus untuk membersihkan permukaan drum dari debu atau sisa toner yang mengering atau menempel sampai benar-benar bersih dan mengkilap. Bila diperlukan, anda bisa menggunakan cairan steril untuk menghilangkan bintik-bintik sisa toner yang mengering dan sangat susah untuk dihilangkan. Lakukan proses pembersihan dengan cairan steril tersebut berulang-ulang dengan tetap menjaga kehati-hatian sampai kotoran hilang. Pada saat menggosok jangan terlalu keras.
  10. Bersihkan juga unit drum untuk menghilangkan sisa-sisa toner yang bertebaran pada bagian unit drum, membersihkan bagian ini bisa menggunakan kwas.
  11. Setelah drum fotocopy anda mengkilap selanjutnya tinggal dipasang kembali dalam unit drumnya. Namun bagi anda yang menggunakan cairan steril sebaiknya drum tersebut ditaburi dengan toner yang baru atau bisa juga dengan menggunakan bedak bayi. Tabur dengan menggunakan spons yang bersih sampai semua permukaan rata. Hal ini untuk menjaga pada saat drum diputar dan didalamnya ada cleaning blade sebagai pembersih sisa toner tidak seret karena sel-sel drum terisi butiran halus dari bedak atau toner tadi.
  12. Selanjutnya pasang kembali drum fotocopy anda ke dalam unit drumnya 
  13. Pasang unit drum pada rell. Service mesin fotocopy untuk membersihkan drum fotocopy sudah selesai. Semoga bermanfaat