Mesin fotocopy Canon untuk usaha fotocopy umumnya sudah dilengkapi dengan ADF ( Automatic Document Feeder ) yang berfungsi untuk meletakkan dokumen lembaran dalam jumlah banyak yang akan kita gandakan, jadi masteran ( dokumen asli ) akan berjalan sendiri dan kita tidak perlu membuka tutup satu-satu.

ADF sangat membantu dalam pekerjaan fotocopy apalagi jika yang kita fotocopy berupa lembaran dengan ukuran yang sama.Tetapi kadangkala ADF mesin fotocopy juga bisa mengalami error entah itu kertas selip / nyangkut ataupun settingannya kacau dan perlu dilakukan kalibrasi ulang. Kalau untuk paper jam pada ADF biasanya disebabkan karena kertas lengket mungkin bekas lakban atau lupa ada yang masih distaples dan bisa juga dikarenakan pada bagian karet pick up ADF maupun pad ADF sudah licin. Jika anda rasa hal tersebut tidak menyebabkan kerusakan yang terjadi pada ADF mesin fotocopy anda mungkin anda bisa melakukan kalibrasi ulang ADF dengan cara sebagai berikut.

Cara setting ADF mesin fotocopy Canon

  1. Masuk Service Mode dengan cara menekan *28*
  2. Pilih FEEDER
  3. Geser pejepit kertas pada ADF ke posisi ukuran A4 kemudian tekan TRY-A4 → OK
  4. Geser pejepit kertas pada ADF ke posisi ukuran A5R kemudian tekan TRY-A5R → OK
  5. Geser pejepit kertas pada ADF ke posisi ukuran LTR kemudian tekan TRY-LTR → OK
  6. Geser pejepit kertas pada ADF ke posisi ukuran LTRR kemudian tekan TRY-LTRR → OK
  7. Kemudian masukkan selembar kertas, boleh ukuran A4 kedalam ADF atau Feeder
  8. Tekan FEED ON
  9. Matikan mesin fotocopy dari saklar On / Off beri jeda waktu kemudian nyalakan kembali

Beres… ADF mesin fotocopy sudah selesai disetting atau setel ulang semoga tutorial ini bermanfaat untuk anda, jika ADF masih tidak bisa digunakan dan tanda paper jam masih berkedip pada lampu indikator ADF ada kemungkinan Board ADF terganggu atau rusak silahkan menghubungi teknisi mesin fotocopy untuk memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *